Aplikasi Monitoring Berita TIK (Mobita)

Monitoring Berita TIK (Mobita) adalah aplikasi berbasis web sebagai alat bantu (tools) pengumpulan berita dan profil terkait topik industri TIK di masyarakat yang dilakukan secara otomatis, mudah, murah, cepat, dan akurat. Otomatisasi merupakan fokus dari proyek ini, dimana peran pegawai diminimalisir dan kemampuan mesin dimaksimalkan. Selain itu mengupayakan efisiensi dengan memakai sumber daya manusia dan perangkat lunak yang sudah ada atau gratis. Di era informasi berskala raksasa (big data) kemampuan memonitor berita dalam jumlah besar secara cepat merupakan kebutuhan penting bagi pemerintah dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Sebagai bahan studi awal, telah dilakukan kajian terkait klasifikasi teks berbasis kecerdasan buatan. Salah satu teknik pemilahan teks menggunakan ‘machine learning’ adalah algoritma SVM (Support Vector Machine). Teknik ini termasuk supervised-learning, dimana diberikan panduan pengenalan pola dalam pemilahan (melalui tahap pelatihan data-data sampling), yang selanjutnya terbentuk model, dan model tersebut digunakan dalam proses klasifikasi. Modul pendukung direncanakan menggunakan SVM-Light dengan melakukan penyesuaian dan pengolahan awal terhadap data-data input. Pengolahan teks mencakup tokenization, stopword, stemming, weighting dan feature extraction. Sebagai target Sumber data adalah situs-situs berita nasional yang menyajikan topik teknologi informasi dan memiliki rank Alexa tinggi.

Manfaat MOBITA diharapkan sebagai berikut:

  1. Mendapatkan berita terkait pemberdayaan industri TIK sebagai bahan kebijakan pemberdayaan industri TIK, seperti mengetahui isu-isu yang berkembang di industri TIK, pembuatan profil industri TIK, dan pengisian portal promosi UKM TIK, yang berjalan secara lebih terotomatisasi;
  2. Meningkatkan kinerja pegawai di Subdit IKM dan Subdit lain dalam melakukan tugas pemantauan isu, pembuatan profil, dan pengelolaan portal promosi yang berkaitan dengan pemberdayaan industri UKM TIK.

Mengintegrasikan Modul, Desain, Platform

Sebagai tahap akhir pembuatan Mobita adalah menggabungkan seluruh modul, desain, dan platform hingga terbentuk aplikasi siap pakai. Tahap ini menghasilkan aplikasi Mobita yang dapat diakses melalui http://mobita.tk dan berjalan secara otomatis menarik serta menyaring berita. Tampilan dan aplikasi masih bersifat pengembangan hingga nantinya didapat bentuk yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Tampilan berupa statistik akan dibuat menjadi lebih informatif, misalnya dalam bentuk chart. Tampilan “Berita Terpilih” nantinya akan menyajikan hasil penyaringan data secara otomatis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s