Pelatihan Perencanaan Usaha Bidang TIK

plt_juli_2013 Direktorat Pemberdayaan Industri Informatika (PII), Ditjen Aplikasi Informatika, menyelenggarakan Pelatihan Teknopreneur dengan tema “Pembuatan Perencanaan Usaha Bidang Teknologi Komunikasi dan Informatika (TIK)” di Yogyakarta pada tanggal 3 Juli 2013.

Pelatihan bekerja sama dengan STMIK AMIKOM Yogyakarta, dan dihadiri oleh para tenant binaan Inkubator Industri Informatika di Yogyakarta. Pelatihan bertujuan meningkatkan kemampuan para tenant dalam menyusun perencanaan usaha, sehingga mampu mengelola perusahaan secara mandiri dan berkesinambungan.

Acara dibuka oleh Direktur PII, Herry Abdul Aziz, didampingi oleh sejumlah narasumber dan Ketua STMIK AMIKOM Yogyakarta, M. Suyanto. Dalam sambutannya, direktur mengingatkan bahwa industri kreatif adalah industri yang sangat berkembang akhir-akhir ini dan harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk menunjang kemajuan dan kesejahteraan bangsa. Direktorat PII akan melakukan banyak pembenahan di tahun 2013 ini, seperti membangun situs Gurita (Gerakan RI Membangun Industri Informatika), sebagai upaya mempromosikan dan menggerakkan industri informatika.

plt_jogja_1

Narasumber pelatihan Samuel Henry, memberikan paparan dengan judul “Membuat Model Bisnis Perusahaan di Bidang TIK”. Menurutnya, banyak startup di industri TIK yang gagal dalam bertahan hidup. Penyebab terbesar kegagalan adalah terlalu banyak menghabiskan waktu, uang dan perhatian untuk membangun produk yang tidak tepat. Salah satu model bisnis yang diajarkan kepada peserta adalah lean canvas yang sesuai untuk startup kecil yang ingin menjadi terkenal.

Acara pelatihan pada sesi siang diisi dengan paparan dari Hanitianto Joedo, Kepala JogAnimasi, dengan judul ”Perencanaan Usaha Bidang TIK”. Menurutnya, seorang teknopreneur harus memperhatikan dan menerapkan berbagai aspek di bidang kewirausahaan, mulai dari perencanaan usaha, proses produksi dan operasional, kegiatan pemasaran dan penjualan, sampai dengan pengelolaan administrasi dan keuangan usaha, sehingga tujuan dan target dapat tercapai sesuai harapan. Peserta selanjutnya mendapat bimbingan membuat business plan dan business proposal yang tepat.

plt_jogja_2

Dalam kesempatan itu, Direktur PII ikut mengisi acara talk show di studio Reksa Birama TV (RBTV) yang berada di lingkungan kampus STMIK AMIKOM. Direktur memaparkan berbagai upaya pemberdayaan industri informatika yang dilakukan oleh Ditjen Aptika, khususnya Direktorat PII. Acara berlangsung selama 30 menit, didampingi oleh Ketua STMIK AMIKOM M. Suyanto. RBTV merupakan TV lokal dengan jangkauan Kota Yogyakarta dan sekitarnya.

Maykada Harjono K – Kasi Pemberdayaan IILAI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s