Seminar Technopreneur PIN 2013 Medan

sem_medan_1 Dalam rangka menyemarakkan Pekan Informasi Nasional (PIN) 2013 dan menyambut Hari Kebangkitan Nasional ke-105, Direktorat Pemberdayaan Industri Informatika (PII), Ditjen Aplikasi Informatika, mengadakan Seminar Technopreneur dengan tema "Gerakan Untuk Indonesia Membangun Industri Informatika". Seminar ini bertujuan mendorong semangat berwirausaha bagi para pelaku bidang/industri informatika di tanah air. Acara diadakan di Hotel Tiara Medan, pada tanggal 24 Mei 2013.

Seminar dibuka oleh Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BBPPKI) Medan, Waladdin Siagian. Menurutnya, kegiatan yang dilakukan ini penting untuk menstimulus lahir, tumbuh, dan berkembangnya industri TIK yang sehat dan kompetitif. Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Kominfo, memiliki tanggungjawab untuk menciptakan industri TIK yang stabil. Para peserta seminar, mahasiswa dan pelaku wirausaha di bidang informatika, merupakan ujung tombak angkatan kerja Indonesia kelak.

Tampil sebagai pembicara pertama, Romi Satria Wahono (CEO PT Brainmatics), dengan presentasi berjudul ”5 Karakter Inovator Untuk Pebisnis Galau”. Paparan banyak menampilkan prinsip-prinsip inovatif dalam berwirausaha dari berbagai tokoh TIK dunia, seperti Steve Jobs, Bill Gates, dan Mark Zuckerberg. Lima karakter inovator tersebut yaitu lakukan yang kita cintai, tinggalkan jejak di alam semesta, peras otak, berpikir berbeda, dan gunakan bahasa manusia.

Google Indonesia ikut memeriahkan acara dengan paparan programnya “Bisnis Lokal Go Online”, dibawakan oleh Shinto Nugroho. Program tersebut merupakan salah satu upaya untuk membantu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) membuat website dan berkompetisi di tingkat dunia. Turut disebarkan pula booklet ”Panduan Membuat Usaha Anda Online” yang berisi petunjuk lengkap memulai bisnis online menggunakan fasilitas yang disediakan oleh Google.

Direktur PII, Herry Abdul Aziz, ikut memberikan presentasi kepada peserta dengan tema ”Gerakan Indonesia Membangun Industri Informatika”. Paparan disertai tanya jawab yang umumnya berisi permasalahan di bidang informatika. Selanjutnya Abdul Kadir Syam (CEO IT-Green), memperkenalkan komunitas IT-Green di Medan, dengan programnya menciptakan masyarakat pencinta TIK yang sehat, berwawasan lingkungan dan spiritual. Sebagai penutup, Ahmad Firdaus (CEO PT. Ecomindo Saranacipta), ikut membangkitkan semangat technopreneurship dengan presentasi berjudul ”Build IT Based Company”.

Seminar Tiara Medan

Secara keseluruhan acara seminar berlangsung dengan baik dan lancar. Antusiasme penggiat TIK di Medan dapat terlihat dari kehadiran peserta yang memenuhi ruangan dan mengikuti seminar hingga ditutup pukul 17.00. Antusiasme dan potensi SDM di industri informatika ini bisa ditindaklanjuti dengan kegiatan yang lebih permanen dan berkelanjutan, seperti pembuatan sarana inkubator di Kota Medan. Diharapkan semangat kebangkitan nasional bisa diwujudkan di industri informatika sehingga pelaku TIK tanah air bisa berjaya di negeri sendiri.

Maykada Harjono
Kasi Pemberdayaan Industri Infrastruktur dan Layanan Aplikasi, Dit. PII

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s