Server Linux Hemat Listrik

Bagi penggemar Linux dan suka mengoprek OS tersebut, tantangan terkini boleh jadi menghidupkannya di perangkat embedded. Mengapa? Karena keterbatasan kadang malah mendorong munculnya kreativitas. Tidak sekedar masalah harga, tapi juga sumber daya. Coba misalkan server Linux hanya ditenagai baterai 12 volt, atau menarik daya 12 watt, tentu sangat menarik. Hemat listrik, hemat energi, dan juga hemat biaya.

Nah, bicara perangkat embedded yang terjangkau dan oprek-able, alternatif berikut bisa dicoba: TP-Link MR-3220. Perangkat ini hanya berharga Rp 245 ribu, berisi prosesor Atheros 400MHz, RAM 32MB, NVRAM 4MB, Wifi, dan LAN.  Satu hal yang menarik di situ: USB port. Dengan adanya port ini, kita bisa mengakses banyak perangkat tambahan. Asalkan dayanya tidak terlalu membebani atau memakai catu daya sendiri. Apalagi sudah tersedia distribusi Linux versi OpenWrt yang siap pakai.

Di era sekarang, Internet adalah harga mati. Apa yang perlu ada di perangkat tersebut? Sudah tentu, modem GSM/CDMA. Demi menunjang tambahan aplikasi, kapasitas penyimpan juga harus ditambah. Dua perangkat ini juga murah, GSM modem ZTE MF 633 (dan slot MicroSD) Rp 190rb dan MicroSD Sandisk 4GB Rp 62rb. Dengan hanya sekitar Rp 500rb, kita sudah mendapatkan server Linux yang hemat energi dan hemat tempat pula.

OpenWrt sudah menggunakan filesystem yang overlay. Sehingga kapasitas NVRAM yang 4MB hanya sekedar menaruh kernel Linux dan modul/aplikasi pendukung, selanjutnya di-extroot sesuai kapasitas penyimpan tambahan. Tambahan MicroSD 4GB di atas, sangat memadai untuk meng-install banyak aplikasi. Apalagi OpenWrt juga mempunyai manajemen aplikasi dalam bentuk package, yang dilakukan dengan program opkg (seperti rpm di Redhat dkk).

So, tinggal lirik perangkat USB apalagi yang ingin ditanam di server Linux tersebut? Webcam, harddisk external, TV tuner, bluetooth, dst. Asalkan, ada tambahan adapter 5 volt sendiri bilamana tidak kuat diambil dari port USB. Barangkali, dulu yang hobi elektronik bisa disalurkan dengan menyambung-nyambung perangkat digital yang murah meriah.  Selamat mengoprek ya.

Link Terkait:

http://www.tp-link.com/en/products/details/?model=TL-MR3220

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10124215

http://wiki.openwrt.org/toh/tp-link/tl-mr3420

http://www.viraindo.com/

http://www.rakitan.net/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s