Bisnis Online Bersama Saham

etrading_4 Di era Internet seperti sekarang, bisnis secara online cukup berkembang. Membuka situs yang menjual barang atau jasa, menerima pesanan secara elektronik. Salah satu bisnis online yang layak dilirik adalah jual beli saham. Apakah itu sebagai spekulan atau investor, ini kembali ke niat. Yang pasti legal menurut negara, walaupun abu-abu menurut agama.

Pertama-tama yang dibutuhkan apa? Jelas, uang. Setiap broker punya besar minimal untuk membuka rekening, kisarannya antara 5 s/d 25 juta. Sekedar informasi bukan iklan, yang saya pakai adalah etrading (http://etrading.co.id), minimal setoran awal adalah 10 juta. Dari sejumlah itu tidak harus dibelikan saham semua, seikhlasnya saja (kalo amblas gitu, hehe). Lengkapnya tata-cara membuka rekening silakan hubungi CS di situs itu (lewat telpon).

Kelebihan etrading adalah fasilitasnya cukup lengkap, programnya berbasis GUI Windows. Ada versi webnya, tapi tidak nyaman dipakai. Program terkoneksi langsung dengan JATS BEI, sehingga sifatnya real time. Di situsnya program tersedia gratis, mudah diinstall, hanya perlu koneksi Internet. Kondisi darurat bisa lewat web, sekedar info via HP bisa di wap.etrading.co.id.

etrading_1

Proses jual beli saham sangat mudah, ada 2 pihak di sini yaitu penjual menawarkan saham (offer), dan pembeli memasang tawaran (bid). Saham terjual bila harga bid dan offer cocok. Berlaku sistem antrian, siapa yang duluan membeli atau menjual, dia yang akan diproses. Sesaat setelah saham berpindah tangan, saham tersebut bisa langsung diperjualbelikan lagi. Laporan transaksi dikirim ke email. Setiap bulan ada pula laporan saldo kas dan posisi saham saat itu.

Pembayaran saham mempunyai batas waktu H+3, artinya maksimal 3 hari kerja setelah transaksi. Broker biasanya menyediakan fasilitas margin, yaitu meminjam dana untuk membeli saham. Jadi misalnya kita deposit 10 juta, broker menyediakan limit pembelian hingga 3x lipat atau 30 juta. Batas pembayaran hutang tadi H+3, lewat dari itu akan dikenakan bunga 0,2% per hari. Fasilitas margin bisa membuat untung besar, sekaligus buntung besar.

Setiap transaksi jual beli saham terkena biaya. Di etrading, beli 0,2% dan jual 0,3% (dari total harga jual atau beli), minimal biaya Rp 20.000,-. Buat yang ingin main cepat, setidaknya 1% kenaikan harga saham sudah menguntungkan, dapat 0,5%, asal melewati 20rb tadi. Batas bawah dan batas atas harga saham (auto rejection) di BEI adalah -25% dan +25%.

Minimal pembelian saham adalah 1 lot atau 500 lembar. Jadi misalnya saham BUMI adalah Rp 3.000 per lembar, maka minimal pembelian adalah Rp 1.500.000,-. Ada aturan interval harga, ikuti saja yang tertera di daftar bid dan offer. Lengkapnya informasi ini bisa dilihat di http://www.idx.co.id/ atau http://www.ksei.co.id/.

Jam buka bursa dari Senin s/d Kamis terbagi 2 sesi, sesi pagi 9:30 s/d 12:00, sesi siang 13:30 s/d 16:00. Jum’at sesi pagi 9:30 s/d 11:30, sesi siang 14:00 s/d 16:00. Biasanya di awal dan akhir tiap-tiap sesi terjadi gejolak, yang pesimis siap-siap kabur, yang optimis siap-siap masuk. Sebenarnya ada masa-masa pra-sesi, yaitu sebelum bursa dibuka, untuk menentukan harga awal. Namun tampaknya tidak tersedia di etrading.

Sekarang tinggal masalah krusial, yaitu apa dan kapan membeli saham yang tepat? Nah, ini bila ada jawaban yang pas orangnya pasti sudah kaya raya. Apakah itu analisis fundamental atau teknikal, yang pasti harga saham digerakkan oleh sentimen. Bila lagi happy maka naik, lagi bete maka turun. Dampak bursa regional cukup besar, jadi BEI terpengaruh oleh Dow Jones, Nikkei, Shanghai, FTSE, dst. Bumi ini bulat. Biasanya untuk meramal apakah BEI akan merah atau hijau, lihat malam ke AS, lalu pagi ke Jepang, sambil jalan lirik-lirikan dengan bursa Asia, menjelang sore lihat Eropa.

etrading_2

Melihat sentimen tiap-tiap emiten, bisa dirujuk ke situs global, yang favorit seperti finance.yahoo.com dan bloomberg.com. Melihat sentimen global bagaimana, minyak, emas, dollar, dst. Lalu situs-situs lokal seperti web.bisnis.com, economy.okezone.com, inilah.com, dst. Etrading sendiri sudah menyediakan berita-berita terkait, misalnya kode saham BUMI, beritanya apa, historical data, technical analysis, rekomendasi (buy, sell, target price), dst. Sepertinya hal beginian ‘tidak ada ilmunya’, berkembang saja seiring waktu.

Pada akhirnya, semua adalah spekulasi. Celakanya, semua usaha sekarang cenderung spekulasi. Sebagai awalan, di finance.yahoo.com bisa dilihat data dan chart. Saham-saham BEI ditambah ‘.JK’ di Get Quotes, misalnya BUMI.JK. Yang penting rileks saja, bisnis online begini ya bolehlah dianggap hiburan. Contohnya Januari lalu BUMI masih Rp 500, sekarang Rp 3.000, naik 600% dalam 8 bulan, apa gak ngiler tuh? Btw, resiko tanggung sendiri.

3 Komentar »

  1. roy said

    gw kpengen tapi gw ngak tau cara nya ……tolong kasih tau cara dan pnjelasan nya doonkk klo pgen ikutan kya bgitu??????/

  2. hub aku aja

  3. Info ini sangat menarik, mungkin suatu saat akan kujadikan untuk pengembangan bisnis onlineku, karena saat ini aku masih fokus di bisnis affiliate dan adsense.

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s