Bank Murah dan Meriah

commbank Ada yang tertarik bank murah meriah? Kalau menyimak iklan-iklan, ada bank yang gratis biaya administrasi dan gratis tarik tunai (ATM Bersama / Prima). Namun sebenarnya tidak benar-benar gratis, karena ada syarat-syarat tertentu (seperti minimal saldo).

Sebenarnya ada satu bank yang ‘too good to be true’, yaitu Bank Commonwealth http://www.commbank.co.id/ . Gratis administrasi, tarik tunai dan transfer ATM Bersama / Prima, ada Internet Banking, minimal saldo 50rb. Padahal, seperti di ATM Bersama, biaya buat Artajasa Rp 900, biaya bank penerima Rp 1.900, biaya bank pemilik ATM Rp 2.200. Dari mana tuh Commbank nombokin duit yak?

Sesuai Perpres 111/2007, maksimal kepemilikan modal asing di perbankan adalah 99% (Budiono gitu loh, hehe). Salah satu upaya menjaring dana murah adalah lewat tabungan. Barangkali ini sebabnya bank-bank asing tampak jor-jor-an menarik nasabah. Lumayan, modal usaha 10%, bisa memutar duit 90% milik nasabah.

Saat Pilpres 2009, Prabowo yang paling gencar menyatakan keprihatinan pelarian modal Dalam Negeri ke Luar Negeri. Contohnya, pengusaha yang mendapat pinjaman dari Bank BUMN, setelah mendapat keuntungan, menyimpan keuntungan tersebut di LN. Ini namanya modal tidak berputar, karena kembalinya minimal. Yang parah, modal dari petani-petani malah dibuat untuk pembiayaan di luar sektor pertanian. Ya iyalah, pertanian kurang sexy, mendingan membangun apartemen atau mall. Kalo perlu sawah digusur jadi lapangan golf.

Ngelantur maning. Tapi sebagai ide tulisan, boleh dicoba bank seperti Commonwealth sebagai sarana tek-tok, alias tabungan cepat amblas. Ibarat cache memory kalau di komputer. Gratis toh.

1 Komentar »

  1. Oguds said

    Sedikit tambahan, tampaknya Commonwealth sedang memperbanyak cabang. Di Depok sudah tersedia, “Ruko ITC Depok No. 3A”. Buat warga Depok, semakin mudah untuk dijangkau.

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s