Hasil Pilpres 2009

pilpres Prediksi hasil Pileg dan Pilpres ini persis seperti kata Amien Rais, sehingga memang ‘tidak perlu ada pemilu’. Menurut Andi Mallarangeng di email yang bocor (ember kali), "musuh mereka (Mega dan JK, red) bukan SBY, tapi waktu". Tidaklah mungkin menyihir rakyat 175-an juta dalam 2 bulan, dibanding SBY yang 5 tahun.

Selamat buat SBY-Budiono (bila) sebagai pemenang, termasuk fans-fansnya. Saya cukup mengutip kata SBY soal putusan MK tentang DPT: "saya legaaaaa". Mengapa? Bebaslah tanggungjawab memilih pemimpin yang salah. Seperti kata AM, tidak ada waktu (membuktikan pilihan yang salah). Bila saya ngelihat gelandangan di lampu merah, pengemis di KRL, korban Lapindo nggelosor di depan istana, ah, hati lebih tenang tanpa dosa. EGP, lanjutkan.

Kutipan menarik dari blog:

You choose to love Yudhoyono with all his faults
Your choice, our risks, your responsibility

Pilpres sendiri membawa hikmah baik dalam menyadarkan masyarakat akan fakta-fakta yang terjadi selama pemerintahan SBY-Kalla. Tulisan dalam berbagai blog mencoba menganalisa klaim-klaim calon presiden, terutama SBY sebagai incumbent, dengan merujuk data-data yang tersedia di situs-situs yang sahih. Segala kritik berdasarkan fakta yang terbangun saat pilpres ini hendaknya terus berjalan dan ditindaklanjuti oleh para pemimpin bangsa kelak.

Jusuf Kalla sebagai capres telah menginspirasi banyak pihak dalam membuat terobosan-terobosan kebijakan, dengan semboyan ‘lebih cepat lebih baik’. Bangsa Indonesia memang tertinggal jauh dibanding bangsa lain, bahkan oleh tetangga sekitar seperti Malaysia dan Thailand. Waktu 11 tahun reformasi ini dinilai banyak pihak tidak sesuai yang diharapkan, banyak permasalahan mendasar bangsa seperti kemiskinan, gizi buruk, SDM rendah, pemerataan pembangunan, infrastruktur rusak, reformasi birokrasi, dst, tidak bisa dihadapi dengan berjalan lambat .

JK juga telah menginspirasi kita dengan sangat baik menerima kekalahan tetapi tetap menjadi pemenang. Dalam kompetisi menang atau kalah adalah hal biasa. Membangun bangsa tidak hanya menjadi presiden, tetapi dengan segala usaha dan kerja keras di segala bidang. Menjadi yang terbaik dan bermanfaat bagi orang lain, itu maknanya. Kesederhanaan dan ketulusan JK di Pilpres 2009 akan selalu mengendap di hati para pemilihnya. Mengalah untuk menang.

Semoga Indonesia menjadi lebih baik lagi. Semoga Budiono dan Sri Mulyani tidak kasak-kusuk mencari utangan baru. Semoga SBY tidak sedang ancang-ancang menaikkan BBM. Semoga RS tidak menjadi Menkominfo. Semoga, semoga, dan semoga. Hanya waktu yang bisa menjawab.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s