Penerimaan Online CPNS 2008 Depkominfo

cpns_2008_2 Penerimaan CPNS 2008 Depkominfo telah menggunakan pengisian formulir secara online. Cara pendaftaran secara online telah menjadi trend pada penerimaan CPNS di banyak instansi pemerintah atau departemen akhir-akhir ini. Kesempatan kali ini saya akan mencoba mengulas seberapa handal pengisian formulir di Depkominfo tersebut. Kritik yang disampaikan bersifat membangun.

Pertama-tama judulnya sudah salah, Sistem Informasi Penerimaan CPNS. Jika sekedar input secara online, belum merupakan aliran data menyeluruh dalam suatu sistem / organisasi, tidak layak disebut sistem informasi. Lebih aman bila disebut saja Formulir Penerimaan CPNS.

Saya lihat di form isian sudah menggunakan AJAX (server side). Namun perlu dibedakan mana yang perlu server side dan mana client side. Jika mengecek input kosong atau tanggal benar, tentu tidak perlu dengan AJAX, hanya memperlambat client dan membuat beban di server semakin tinggi.

Ada input yang sudah diketahui polanya, misalnya nomor telpon dan kode pos. Bagaimana bila diisi ‘kucing garong’ toh diterima juga. Lihat bila input tanggal salah, contoh 29-2-1981, hanya ada pesan error, bila diteruskan tetap diterima. Apalagi kode jabatan, bila dibablaskan malah databasenya error: “A Database Error Occurred; SELECT `kode` FROM (`jabatan`) WHERE `id` = undefined”.

Ketika selesai menginput, submit, dan diminta verifikasi input + captcha, terlihat bahwa input sebelumnya dialihkan ke form verifikasi ini tetapi di-hidden. Saya belum mencoba, tapi merujuk error database di atas, sangat boleh jadi input dari sini langsung diceploskan ke database. Intinya, sebelum masuk database perlu diperiksa di sisi server secara keseluruhan (double check).

Konsistensi input di sini juga diragukan. Misalnya konfirmasi, “Saya menyatakan bahwa data yang saya masukkan adalah benar” perlu atau tidak? Dikosongkan pun tidak diperiksa. Padahal syarat perjanjian atawa agreement harusnya bersifat mengikat, menjadi landasan hukum kedua pihak. Kelihatannya sepele tapi tidak layak diabaikan.

Verifikasi input (server side) juga selayaknya lebih mudah dan informatif. Misalnya kode captcha tidak benar, hanya diberikan pesan “Wrong captcha!”, dan diminta mundur. Contohlah seperti ‘sign-up’-nya Yahoo atau Google. Di situ errornya di mana ditunjukkan, dan bisa langsung diperbaiki, untuk kemudian di-submit ulang.

cpns 2008Pengecekan duplikasi data juga tidak ada. Meskipun penggunaan captcha bisa meminimalkan spam tapi hal ini mudah saja diterabas. Setelah submit, muncul No Pendaftaran, lalu back, lalu submit lagi, apa yang terjadi? No Pendaftaran terus naik. Bila hal ini dilakukan 1 juta kali, bisa penuh databasenya. Fatalnya lagi, nomor pendaftaran (5 digit akhir) sudah habis dan pendaftar lain tidak bisa masuk.

Barangkali cukup di sini analisa singkat, sekian menit saja tanpa repot, tapi cukup padat. Bila ada yang berniat jahil, pengisian formulir online ini bakal kacau beliau. Tapi saya percaya orang Indonesia adalah orang-orang baik, kecuali Yogyacarding yang numpang nampang di situs Bakohumas kemarin.

3 Komentar »

  1. JazzLoVa said

    Bro .. masih punya snapshot formulir online nya CPNS Depkominfo atau departemen lain ?

    kalo ada please kirim email ke saya donk ..
    kinda need for some assignment nih..

    Thanks

  2. dani said

    mas, saya mendaftar di depkominfo ko kode verivikasinya selalu salah
    gimama masukannya ya, padahal sudah saya coba bermacam cara tapi hasilnya gagal,? gmn solusinya ya mas
    trm’s

    • Oguds said

      Barangkali gambarnya tidak refresh, coba gunakan berbagai browser, bisa IE, Firefox, Safari. Saya pernah coba CPNS 2009 ini beberapa hari lalu, dan tidak ada masalah di kode verifikasi. Gutlak.

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s