CPNS 2008 Ketinggalan Kereta

Sembari iseng-iseng browsing web, ternyata baru sadar bila selama ini sudah ketinggalan informasi dalam penerimaan CPNS 2008. September kemarin banyak departemen buka, termasuk CPNS UI (96 orang), yang baru saja test hari ini 16/10/2008. FYI, beberapa PTN masih ada yang buka sampai hari ini.

Browsing sana, browsing sini, informasi penerimaan CPNS 2008 ini begitu banyak, menyebar tidak merata, waktunya sangat beragam, dan celakanya dengan masa pendaftaran yang begitu cepat. Ada yang hanya 5 hari saja via online, misalnya Departemen Perdagangan. Departemen Perindustrian, baru dibaca sudah kadaluarsa (per 16/10/2008). Bappenas sami mawon. Banyak lagi yang lain. Benar-benar ketinggalan kereta express.

Cara penerimaan CPNS kali ini banyak yang via online, beberapa via surat, atau kombinasi di antaranya. Bahkan yang menarik, Departemen Perindustrian melakukan ujian via online. Ini akurasinya bagaimana kurang jelas, tapi suatu terobosan menarik. Ada yang berminat jadi joki?

Bulan September kemarin kita disibukkan dengan hiruk pikuk ritual Ramadhan, dan awal Oktober dengan Idul Fitri. Waktu-waktu yang cukup jelek untuk mengadakan penerimaan pegawai. Tentu sangat disayangkan bila sosialisasi penerimaan ini berjalan kurang efektif. Tenaga-tenaga potensial yang sifatnya mengambang luput jadi sasaran.

Saya jadi teringat ketika penerimaan CPNS tahun 2004 dan 2005 yang dilakukan serentak di (hampir) semua departemen / instansi. Mengingat waktu pendaftaran nyaris bersamaan, gaungnya menjadi sedemikian kuat. Satu informasi di milis atau web, menjadi batu loncatan untuk informasi yang lain, efeknya semua departemen menjadi transparan. Bila waktunya berbeda-beda, perlu niat sangat kuat untuk memantau informasi ini setiap waktu dan setiap saat dari begitu banyak sumber.

Sekedar pengingat bagi sanak saudara atau sejawat-sejawat yang lain, yang berminat menjadi CPNS meski cukup terlambat tapi beberapa masih terbuka kesempatan. Terutama yang umurnya mendekati injury time. Bila sudah rejeki pasti tidak ke mana. Hanya ke laut saja.

1 Komentar »

  1. kerlips said

    Salah om, rejeki tuh harus ke istri….:D

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s