AP: It Was A Brutal Day Across Asia

Ada yg merhatiin situasi ekonomi dunia akhir2 ini? Mengerikan ya. Gw
gak tahu brp IHSG skr (tepatnya, gak mau tahu), yg jelas 1000-an deh.
Si Bush mau mundur aja bikin racun 6.650 triliun, alias 7x APBN 2008.

Ada diskusi menarik soal bailout ini, lihat juga URL2 terkaitnya:
http://news.slashdot.org/article.pl?sid=08/10/04/1758219.

Dalam pikiran gw yg awam, sistem ekonomi pasar emang rapuh bgt ya.
Nilai mata uang atau barang di dunia ini tidak jelas asal-usulnya.
Semuanya berdasarkan persepsi. Kutipan yg bagus berikut.


Perception drives our economy just as much as facts and reality. I don’t like it, but it’s just a flat fact. If people *think* our economy is good, they buy things and make investments. If they *think* it’s bad, they don’t buy, don’t invest, etc…

Selain mata uang, contoh jelasnya saham. Harga2 saham itu aneh tapi
nyata, bisa melambung bisa menukik seenak udelnya. Apa dasarnya harga
saham itu segini atau segitu? Sederhananya sih: tidak ada. Harusnya
mendekati pembagian keuntungan alias deviden. Tapi nyatanya, bisa
berlipat2 dari deviden. Perusahaan kerupuk atau tambang tidak ada
bedanya, yg penting ada yg mau jual atau mau beli. Seperti MLM.

Kalo dirunut dari pelaku2nya, yah orangnya itu2 lagi. Di Indonesia
kita punya orang terkaya no. 1, Menko Kesra Aburizal Bakrie, dgn BUMI
Resources. Menkeu AS, Henry Paulson, mantan CEO Goldman Sachs, semacam
perusahan sekuritas juga. Terakhir baik Obama maupun McCain sepakat,
Menkeu mendatang adalah Warren Buffett. Jgn2 APBN AS mau dimainin di
Wall Street kali ye.

Yg celaka ya investor kelas plankton kayak gw ini. Blom lagi imbas ke
ekonomi Indonesia akibat resesi global. Yah, asal gaji PNS jangan
sampe stagnan lah, apalagi turun. Kalo bisa naik terusss. Hidup PNS.
PNS adalah perbuatan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s