Fitur apa yang paling menarik di delphi 2009?

fitur baru apa seh yang paling menarik buat anda di delphi 2009?

Kalo baca-baca sekilas sih, kayaknya tidak ada yang menarik, hehe.


Bagi yang gak tau ato dah lama gak mampir ke blogs.codegear.com,

Coba deh URL-nya ditambahi parameter spt ini:
http://blogs.codegear.com/?=PHPE9568F34-D428-11d2-A769-00AA001ACF42

Exit(‘Negative’); –> Fungsi exit dengan argumen *end*; Result :=

Kalo ini dibilang baru, Delphi mundur sekian puluh tahun ke belakang, karena ini pasti copy + paste konsepnya C. Kenapa tidak sekalian, begin end diganti {}, if then cukup if, while do cukup while, operator ?:, dan seterusnya, eng-ing-eng, jadilah C.

Dulu kala pernah saya singgung, kapan Delphi menyediakan fungsi-fungsi Regex? Ada yang bilang, fungsi-fungsi remeh temeh gitu tinggal cari saja di Internet. Nah, saya lihat pada blog di atas, "Boost support in Tiburon C++Builder 2009", dengan contoh Regex. Mengapa C++Builder dipikirin dan Delphi dicuekin? Mungkin pembuat Delphi sendiri tidak pernah memakai Delphi untuk memproses teks. TStringList saja sudah cukup, pikirnya. Dari sekian bahasa yang pernah saya sentuh belasan tahun terakhir, hanya Delphi yang tidak punya Regex. Malahan Exit yang dipikirin, mungkin maksudnya supaya pada cepat-cepat exit dari Delphi, hehe.

yah semoga saja harga delphi 2009 lebih bersahabat, heheheh

Apalagi kalo gratis yach, heheheh.

Jika core udah bagus (misal 4 contoh di atas), maka kita bisa bikin VCL apapun. VCL bukan hanya ngurusin tampilan doang loh.

Melihat sejarah Delphi, dari tahun 1982 s/d 2008 (26 tahun), sebenarnya apa yang kurang dari ‘core’ saat ini (atau seperti 4 contoh di atas)? Secara bahasa dan IDE, tentu masuk tahap matang, bahkan sudah beranak pula. Lihat GExperts, sebagai contoh fleksibilitas IDE Delphi, termasuk VCL-nya. Tentu tidak semua kepentingan terakomodasi, tapi mayoritas (sesuai target dari pembuat Delphi) tentu iya.

Justru saya cukup sepakat dengan rekan-rekan yang lain, bahwa kekayaan fungsi yang perlu dikejar. Biarlah user digelontorkan sekian ratus VCL / unit / library siap pakai (atau siap pilih), seperti halnya Linux atau PHP membundle seluruh tetek bengek yang mungkin dibutuhkan pemakainya. Jadi fungsi-fungsi semacam Regex, GexEr, ErGex, ExGer, dan seterusnya, juga tersedia (secara terintegrasi, termasuk manualnya).

Misalnya pembuat Delphi tentu tahu, bahwa PHP sedemikian populer. Padahal apa yang sebenarnya membuat PHP populer? Karena ketersediaan fungsi-fungsinya (terutama berbasis web) sedemikian banyak. Nah, Delphi juga bisa menyalip di tikungan, katakan membuat unit PHP, yang isinya seluruh fungsi-fungsi PHP tapi dengan bahasa Pascal. Apalagi bila bisa mengklaim bahwa program-program PHP dapat dikonversi ke Delphi secara mudah. Ini tentu daya tarik tersendiri.

Btw, saya juga tidak mengerti, mengapa Delphi harus bertambah versinya setiap tahun. Microsoft dengan Visual Studionya saja tidak begitu. Kalo sekedar trik marketing mbok ya gak gitu-gitu amat. Kalo perubahannya kecil, versi minor (SP / patch) khan sudah cukup. Tentunya gratis.

Kesimpulannya, saya tetap bertahan di FPC/Lazarus aja.🙂

Ini sih apapun makanannya, kesimpulannya pasti sama.🙂

1 Komentar »

  1. budi said

    ha ha tolong dibaca ditelusuri lebih dalam lagi mas,
    jangan baca sekilas terus dikomentarin, padahal belum tau banyak.

    keanap fungsi Regex aja dijadikan patokan oleh mas. barngkali g bisa buat fungsi Regex sendiri ya. Kalo g bisa tinggal liat do google ,

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s