Komando Pembela NKRI di Internet

Selasa, 08/04/2008 17:30:28, henkmahendra menulis:

bagian dari “komitmen bela negara di dunia  maya”?šŸ˜‰ .. udah ada
belum ya “Komando Cadangan  Strategis Pembela NKRI di Internet”

Ide yang bagus sebagai kontribusi positif demi ketertiban masyarakat di Internet, tidak malah sibuk membersihkan citra atau ‘meluruskan yang bengkok’. Perbuatan kriminal seperti itu harus diberi tindakan hukum. Barang siapa tahu pelakunya wajib secara moral dan hukum memberitahu pihak berwenang.

Saya pernah baca di koran, tentang penangkapan pembalak hutan di Kalimantan yang kemudian diterbangkan ke Mabes Polri. Malaysia membantah terlibat dalam menampung kayu-kayu selundupan. Sebagai elemen bangsa, termasuk para penggiat IT, perlu menyingsingkan lengan untuk menistakan semua pihak yang terlibat, apalagi pemerintah negara asing. Bila Kapolri saja bilang Kapolda bisa disikat, sebagai awak IT hal sama perlu kita lakukan, menyikat yang bisa disikat.

Mobilisasi massa juga bisa dilakukan untuk mencabut film seperti Fitna (misalnya dengan Flagged) hingga ke akar-akarnya. Bila 100 atau 200 reaksi adalah kurang, 100.000 hujatan tentu membuat admin di mana pun kelabakan dan berubah pikiran. Tentu dibutuhkan kerangka pikir yang sama sebagai suatu bangsa dan kepentingan bernegara.

Terkait pemblokiran situs-situs di LN, menjadi hikmah tersendiri yaitu mengapa selama ini sebagian besar layanan Internet berada di Luar Negeri? Semua
pihak bisa bahu membahu membangun web hosting yang memadai di Dalam Negeri. Selain mudah dikontrol juga menghemat bandwidth dan mempercepat tumbuhnya industri-industri IT di DN. Regulator bisa berfungsi sebagai penjamin layanan dan kepastian hukum dalam pengelolaan data.

Sebagai langkah awal saya rasa perlu disosialisasikan ide bahwa Internet tidak gratis. Misalnya Rp 100rb per orang untuk menyewa hosting sebesar 1 GB selama 1 tahun, ini adalah harga yang wajar. Bila 1 server dapat menampung 1000 orang, ini saja didapat 100 juta, sangat layak ditinjau dari segi bisnis. Bila hal ini terus bergulir, pada akhirnya yang untung adalah kita semua.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s