HAKI, Berapa Banyak Delphi Ori ?

Kamis, 15/11/2007 12:19:02, wongisokok menulis:

saya setuju bahwa pembajakan haram kalau dinegara maju. Di indonesia ya harusnya halal. Lha wong itu produk kapitalis kok.

Ini barusan saya dapat di TV, "sesuatu hal yang buruk namun tujuannya untuk kebaikan, pada dasarnya itu hal yang baik pula". Tentu perlu ditambahkan bahwa keburukan itu bukan suatu yang permanen, namun proses.

Kekayaan intelektual (software) memang sifatnya berbeda dengan barang. Kalo barang dicuri maka habis, software dicuri tidak habis, malah berlipat ganda. Jadi yang punya tetap punya, yang tidak punya jadi punya. Harusnya semua senang. Sehingga bila ada yang bermasalah, masalah itu sebenarnya ada pada mereka.

Kalau jepang dulu tidak nyontek habis habisan, kalau china sekarang tidak nyontek habis habisan mana bisa maju. Hak patent itu alat

Kalo tidak salah India melegalkan penggandaan buku-buku import, termasuk
subsidi untuk bahan bakunya, sehingga buku-buku di sana luar biasa murah. Hal ini baik (karena tujuannya baik) dan perlu dicontoh di Indonesia.

belum maju. Mungkin kalau mau adil lebih baik kalau pemerintah mensuport HAKI untuk software lokal dulu. Jadi yang import dibiarkan

Semua negara pasti punya kebijakan proteksi. Khusus untuk muatan lokal tentu kewajiban pemerintah untuk melindungi dan mengembangkan. Dosa besar pemerintah bila rakyatnya sengsara.

jadi programmer ulung. Jadilah org yang menguasai hukum dan kalau perlu bisa menyetir hukum baik di tingkat negara maupun dunia.

Hukum memang terbatas pada ruang dan waktu. Pada tataran internasional, tentu akan berlaku hukum ekonomi. Bila kita membajak produk AS, pastinya AS bereaksi dengan melarang import dari Indonesia. Ini sih tinggal gimana pinter-pinternyanya diplomasi, alias siapa menekan siapa.

Bill gates tidak pernah sekolah computer. Dia ambil hukum di Havard dalam tahun yang sama untuk kelas S1 dan S2 karena dia anak berbakat.

Sebenarnya ini cenderung simbiosis mutualisme, Harvard butuh Bill Gates (untuk popularitas, dkk), demikian sebaliknya. Kalo Bill Gates mau kuliah di sini, di universitas manapun S1, S2, S3 juga lewat.

1 Komentar »

  1. g1x System said

    Coba Bapak klik ini : )
    http://id.wikipedia.org/wiki/Bill_Gates

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s