Era aplikasi C/S sudah mulai luntur?

BJ> pernah saya bangun terpasang di LAN atau dedicated hosting, jadi
BJ> gak terlalu "dipaksa"  untuk menggunakan PHP dan mySQL.

image Saya percaya bahwa kita perlu memanfaatkan momentum-momentum untuk mencoba hal baru. Pascal bukan tidak mampu untuk web, tapi menggunakan PHP akan lebih mudah: bahasanya luwes, fungsinya bejibun dan pemakainya segerobak. Begitupun MySQL ketimbang Firebird. Semua pasti ada kelebihan dan kekurangan.

Bicara aplikasi web menggunakan bahasa Pascal, adakah di sini yang telah membuatnya benar-benar menggunakan Delphi ? Dalam artian yang ada di Delphi, misalnya WebSnap atau IntraWeb. Bila saya coba demo WebSnap, koq kepala jadi puyeng ya? Bahkan untuk mencari user dan password untuk login tidak terbaca kecuali melihat readme.txt. IntraWeb lebih mending, sisi visualnya ada, meski tampilannya di browser rada kacau. Sepintas keduanya ribet dan tidak menarik.

Kalo PSP, bila dibuat meniru PHP, dalam artian bahasa Pascal + fungsi-fugnsi untuk web, saya bisa bilang lebih baik memakai PHP. Pascal itu bahasa kaku, jalannya juga kaku (baik mana crash atau tampilan kosong?), sintaknya boros, operasi teksnya minim sekali, pun fungsi-fungsi yang disediakan kalah mutlak ketimbang PHP. Saya juga tidak melihat manual untuk fungsi-fungsi yang disediakan memadai.

Menurut saya, keberhasilan PHP sebenarnya karena dia belajar dari pendahulunya yang juga sudah berhasil, misalnya C dan Perl, ditambah dokumentasi yang memadai. Bila di WebSnap dan IntraWeb saya tidak melihat ada fungsi-fungsi untuk Regular Expression, di PSP ada tapi tempelan, PHP (seperti juga Perl dan JScript) itu terintegrasi sejak awal.

Saya bisa bilang bahasa untuk web tanpa dilengkapi RegExp itu adalah bahasa hanya untuk main-main. Kenapa begitu? Karena kita akan banyak mengolah teks, entah mengecek isian form, memproses hasil query DB, menarik isi situs lain, hingga mengolah output. Melakukan ini dengan Pos dan Copy? Alamak.

Namun tentu semua kembali ke programmernya. bahasa hanya alat. Btw, PHP juga bisa digunakan sbg pengganti bahasa shell seperti bash, jatuhnya lebih sederhana tapi dahsyat. Top markotop, gud marsogud. Bagaimana kalo pake FPC? Entahlah.😉

BJ> RegEx mau integrasi atau tempelan, kalo udah sama2 tersedia, apa
BJ> bedanya?  Rasanya ada banyak unit RegEx di bahasa pascal yang bisa kita

Bedanya, kalo sudah tersedia built-in apalagi menyatu dengan bahasa, bukan ‘rasanya’ lagi, tapi sudah menyatu dengan pola pikir, alias sudah dipakai. Sama seperti OOP di Delphi, yang menyatu dengan cara kerja kita.

BJ> Knp RegEx _harus_ jadi bagian integral dari bahasa? Setuju,
BJ> pengolahan teks dengan fungsi2 standar cukup bikin ribet, walaupun

Bahasa untuk web ya, alias banyak bermain dengan pengolahan teks. Bahasa untuk operasi teks ya RegEx ini, tentu harus integral atau built-in. Di IDE Delphi pun fasilitas ini ada. Contoh kecil yang tidak bisa dilakukan fungsi apapun di Delphi, mengubah 2 (white)space jadi satu. Pake RegEx cukup: preg_replace(‘/\s+/’, ‘ ‘, $text).

Ketika mulai Delphi 7 disediakan unit ZLib, ini akan mengubah cara pandang tentang kompresi data karena begitu mudahnya. Kenapa tidak dari dulu? Namun ketika hingga Delphi 2006 tidak juga unit RegEx disediakan, saya pun bingung, mereka ingin serius di web ataukah terlalu serius?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s